Pilih Laman

Pekerjaan pengaspalan jalan yang dilakukan oleh kontraktor pengaspalan jalan selalu berbenturan dengan aturan dan spesifikasi yang teknis. Salah satu spesifikasi dalam penghamparan aspal hotmix adalah aturan mengenai suhu. Suhu yang digunakan saat penghamparan aspal memegang peranan yang sangat penting. Itu terjadi karena suhu penghamparan aspal akan mempengaruhi kualitas aspal hotmix di kemudian hari.

Suhu yang tidak sesuai standar atau spesifikasi memiliki banyak akibat di masa yang akan datang. Salah satu dampaknya adalah ikatan antar agregat tidak akan maksimal saat penghamparan. Ikatan yang tidak sempurna antar agregat akan membuat jalan cepat rusak. Dan jika ditarik ke belakang, permasalahannya adalah suhu saat penghamparan aspal.

Kontraktor Jasa Pengaspalan Terpercaya

temperatur pengaspalan jalan

Untuk mengantisipasi suhu yang tidak sesuai dengan spesifikasi saat penghamparan aspal hotmix, suhu aspal hotmix harus tetap terjaga. Salah satu cara menjaga suhu aspal hotmix adalah dengan mengkondisikan lokasi pengaspalan dengan Asphalt Mixing Plant (AMP). Sebisa mungkin, lokasi AMP harus dekat dengan lokasi pengaspalan jalan. Sehingga aspal hotmix tidak akan berkurang kualitasnya.

Tahapan pekerjaan pengaspalan jalan yang dilakukan oleh kontraktor pengaspalan jalan beragam. Misalnya, dari pertama kali saat aspal dituangkan ke truk. Lalu aspal dikirim menuju lokasi pengaspalan, selanjutnya aspal akan dimasukkan ke asphalt finisher, baru aspal hotmix akan dihamparkan. Semua tahapan tersebut membutuhkan suhu atau temperatur pada aspal yang berbeda-beda. 

Inilah suhu atau temperatur yang tepat untuk aspal hotmix dalam setiap tahap pengerjaan pengaspalan jalan:

  1. Pencampuran Benda Uji Marshall, rentang suhu aspal berada di angka 155 derajat celcius dengan toleransi 1 derajat lebih.
  2. Pemadatan Benda Uji Marshall, berada di kisaran 145 derajat celcius dengan toleransi 1 derajat lebih tinggi.
  3. Pencampuran, aspal hotmix harus berada di dalam rentang 145 hingga 155 derajat celcius.
  4. Penuangan ke Truk, 135 – 150 derajat celcius.
  5. Pemasokan ke Asphalt Finisher, 130 – 150 derajat celcius.
  6. Pemadatan Awal, 125 – 145 derajat celcius.
  7. Pemadatan Antara, 100 – 125 derajat celcius.
  8. Pemadatan Akhir, kurang lebih 97 derajat celcius.

Kontraktor Pengaspalan Jalan Profesional

Itu adalah ketentuan suhu aspal dalam berbagai tahap saat pengaspalan jalan. Pastikan semua pengerjaan pengaspalan jalan Anda ditangani oleh kontraktor pengaspalan jalan yang profesional dan berpengalaman.