Home » Jual Sirdam Jakarta
Jual Batu Split Jakarta - Image 1

Jual Sirdam Jakarta

Jual Sirdam Jakarta – Bagi anda yang masih baru dalam dunia konstruksi, pasti merasa asing dengan istilah Sirdam. Sirdam sendiri merupakan singkatan dari pasir dan makadam. Dengan kata lain, Sirdam merupakan bahan material bangunan yang terdiri dari campuran antara pasir dan makadam. Makadam yang terdapat pada sirdam ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar seperti makadam pada umumnya. 

Sirdam ini banyak penggunaannya dalam berbagai proyek konstruksi. Bahkan beberapa ada yang memanfaatkannya untuk pengurugan. Sebab bahan material Sirdam ini memiliki tingkat kekerasan yang baik untuk pengurugan. Sehingga hasil pengurugan akan menjadi lebih keras kuat dan solid. Tentu saja dengan dukungan pemadatan dengan alat berat.

Galeri

Sirdam dan Pembangunan jalan

Jual Sirdam Jakarta – Dalam konstruksi jalan, batu sirdam merupakan salah satu agregat yang wajib ada sebagai salah satu material pendukung. Bahkan Sirdam merupakan komponen yang utama dalam proses pembangunan jalan. Dalam proses pembangunan jalan, memerlukan paling tidak 90 persen sampai dengan 95 persen agregat berdasarkan berat. Namun hanya membutuhkan 75 persen sampai dengan 85 persen apabila menggunakan perhitungan volume. Dengan jumlah tersebut, maka secara tidak langsung, Sirdam merupakan bahan komponen utama dalam setiap proses pembangunan jalan. Sifat dari agregat sendiri memiliki peranan yang cukup penting, peranan itu meliputi beberapa hal berikut :

  • Gradasi serta maksimum ukuran agregat.

Ukuran agregat maksimum serta gradasi sangat penting untuk kita perhatikan karena menjadi penentu dalam stabilitas perkerasan. Gradasi dari sirdam menentukan besar atau kecilnya rongga yang terjadi antara butiran – butiran agregat. Oleh sebab itu, tingkat stabilitas lapisan akan ikut mempengaruhi pekerjaan pada proses pengerasan jalan. Dengan sedikitnya rongga antar butiran yang tercipta, maka akan semakin kuat dan stabil pula lapisan perkerasan jalan tersebut. 

  • Kadar Tanah Lempung

Terdapatnya tanah lempung yang tercampur pada batu sirdam, secara tidak langsung akan mengurangi kualitas agregat sirdam tersebut. Karena dengan adanya lempung tersebut, partikel antar agregat tidak dapat terikat secara sempurna. Dengan tercampurnya lempung dalam agregat, dapat menyebabkan terjadinya striping yaitu terlepasnya ikatan antara aspal dan agregat.

Lapen atau Lapisan Penetrasi

Jual Sirdam Jakarta – Lapisan Penetrasi atau beberapa orang menyebut dengan istilah Lapen, merupakan lapisan aus atau lapisan permukaan yang terdapat dalam perkerasan jalan. Lapisan penetrasi ini terdiri dari beberapa lapisan material. Yaitu lapisan agregat pokok, lapisan pengunci, lapisan penutup yang kemudian terikat dengan lapisan aspal dengan cara menyemprotnya dari lapis ke lapis. Berikut akan kami jabarkan beberapa lapisan dalam perkerasan jalan.

  • Lapisan batu Pokok

Lapisan ini terdiri dari batuan yang telah dipecah dengan ukuran 3 cm sampai dengan 5 cm. 

  • Lapisan Batu Pengunci

Lapisan ini tersusun dari susunan batuan pecah dengan ukuran mulai 1 cm sampai dengan 3 cm.

  • Lapisan Batu Penutup

Lapisan ini terdiri dari susunan batu pecah dengan ukuran mulai 0,3 cm sampai dengan 1 cm.

  • Lapisan Aspal

Lapisan ini merupakan lapisan terluar dari beberapa lapis susunan yang ada di bawahnya.

Produk Lainnya

Jual Batu Limestone Jakarta
Jual Batu Limestone Jakarta

Jual Batu Limestone Jakarta - Batu Limestone atau beberapa orang menyebutnya dengan istilah batu kapur dan ada juga yang menyebutnya dengan nama batu gamping. Batu Limestone merupakan batuan sedimen atau endapan, yang mengandung beberapa unsur.Namun...

Jual Batu Makadam Jakarta
Jual Batu Makadam Jakarta

Jual Batu Makadam Jakarta - Batu Makadam merupakan batu batuan kecil, hasil dari proses pemecahan batu yang berukuran lebih besar, dengan mesin penghancur batu atau Stone Crusher. Batu Makadam ini memiliki variasi ukuran antara 3 mm sampai dengan 5...

Jual Batu Kali Jakarta
Jual Batu Kali Jakarta

Jual Batu Kali Jakarta - Batu Kali merupakan batu dengan ukuran yang terbilang cukup besar dengan bentuk yang tidak beraturan. Batu ini berasal dari proses mineral gunung berapi. Sedangkan untuk cara memperolehnya, bisa mengambil secara langsung dari...