Dalam proses pengaspalan jalan Jakarta atau di kota-kota lain, penting bagi kontraktor pengaspalan jalan memperhatikan pengaplikasian tack coat. Agak berbeda dengan prime coat, tack coat adalah lapisan perekat berupa aspal cair yang diletakkan di atas lapisan beraspal. Penggunaan tack coat harus diperhatikan karena akan sangat mempengaruhi kualitas jalan di kemudian hari.

Banyak kerusakan yang dapat terjadi akibat kesalahan dan ketidaksempurnaan penggunaan tack coat. Diantara kerusakan jalan yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan tack coat adalah lepasnya butir-butir agregat aspal. Hal itu bisa terjadi karena perekat tack coat yang diberikan saat pengaspalan jalan sangat kurang. Bahkan jika terlalu banyak memakai tack coat pun, akan menyebabkan kerusakan jalan pula.

Fungsi utama tack coat adalah sebagai bahan lapis pengikat yang akan memberikan daya ikat antara lapisan, yaitu lapisan lama dan lapisan baru yang akan dihamparkan aspal. Bahan tack coat terdiri dari bahan yang cepat menyerap, atau aspal keras. Untuk itu, penggunaan tack coat memang harus didasari dari perhitungan yang matang.

Tack coat yang berfungsi sebagai lapis pengikat ada baiknya diperhitungkan sehingga penggunaannya tidak terlalu banyak, atau pun tidak terlalu sedikit. Inilah pentingnya kemampuan menghitung volume tack coat yang akan diberikan pada saat pengaspalan jalan.

Menghitung Volume Tack Coat

volume tack coat

Cara menghitung volume tack coat tidaklah sulit, hampir sama seperti menghitung volume prime coat. Menghitung volume tack coat lebih mudah ketimbang cara menghitung volume aspal hotmix, atau volume material lainnya. Berbeda dengan prime coat, kebutuhan tack coat lebih sedikit untuk per m2. Kebutuhan rata-rata tack coat berkisar antara 0,15 liter/m2 hingga 0,5 liter/m2.

Seandainya, jalan yang butuh pemberian tack coat sepanjang 1 km dengan lebar jalan 6 m, volume tack coat bisa didapat dengan hitungan seperti ini:

Panjang jalan = 1 km = 1000 m

Lebar jalan = 6 m

Luas = Panjang x Lebar = 1000 x 6 = 6000 m2

Vol. per m2 = 0,5 liter/m2

Maka = 6000 x 0,5 = 3000 liter.

Dari cara menghitung tack coat di atas, didapat bahwa kebutuhan tack coat untuk jalan sepanjang 1 km dengan lebar jalan 6 m dibutuhkan sebanyak 3000 liter.

Jasa Pengaspalan Jalan Terpercaya

Cara menghitung tack coat di atas adalah cara menghitung yang sederhana. Akan lebih rumit lagi jika kondisi jalan yang akan diberikan jasa pengaspalan jalan sulit. Untuk itu, jika Anda membutuhkan jasa pengaspalan jalan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap melayani Anda.