Laju pembangunan semakin hari semakin cepat dan membutuhkan tempat-tempat baru untuk tinggal, mencari uang, sekolah, dll. Untuk menghubungkan itu semua tentunya diperlukan jaringan jalan. Jalan sangat penting untuk mendukung kehidupan umat manusia. Dengan adanya jalan maka semua kegiatan bisa dilakukan dengan cepat dan pastinya biayanya bisa ditekan.

Terdapat berbagai macam lapisan jalan yang paling disarankan yaitu aspal. Aspal atau asphalt merupakan jenis material yang kerap dipilih untuk pembangunan jalan baik jalan raya, maupun jalan lainnya. Bahan ini kerap dipakai karena memiliki berbagai macam kelebihan dibandingkan bahan lainya.

Terdapat berbagai macam jenis aspal yang dipakai oleh kontraktor pengaspalan jalan. Aspal-aspal tersebut dipilih berdasarkan permintaan dari klien dan tentunya tempat pengaspalan. Lokasi pengaspalan juga menentukan jenis aspal apa yang akan dipakai karena setiap aspal memiliki karakter yang berbeda-beda. Berikut jenis-jenis aspal yang tersedia di  jasa pengaspalan.

  1. Hot mix Asphalt

Jenis aspal ini banyak dipakai dalam banyak proyek pengaspalan jalan. Aspal ini sebelumnya akan dipanaskan hingga suhu tinggi dan kemudian dituangkan ke atas jalan dan langsung melekat ke pondasi jalan.

  1. Wam Mix Asphalt

Wam Mix Asphalt  termasuk jenis aspal yang populer. Aspal jenis ini banyak dipakai untuk pengaspalan berbagai proyek. Wam mix asphalt dapat diangkut lebih jauh karena dalam prosesnya tidak perlu dipanaskan dalam suhu tinggi. Untuk tempat-tempat yang sulit dijangkau biasanya memakai aspal jenis ini.

  1. Drivery mix

Jenis aspal ini mempunyai campuran dari berbagai macam agregat antara lain kerikil  atau batu kecil serta pasir. Bahan ini dicampurkan ke beton bitumen sehingga menghasilkan aspal yang ideal untuk membuat jalan lebih cepat dan tahan lama.

  1. 1-5 FABC

Kontraktor  jasa pengaspalan umumnya memakai jenis aspal 1-5 FABC untuk proyek perkerasan seperti landasan pacu bandara. Agar memenuhi standar maka harus menggunakan berbagai campuran agregat, pengikat serta pengisi khusus.

Demikian jenis-jenis aspal yang kerap dipakai oleh jasa pengaspalan yang ada di Indonesia. Masih banyak jenis aspal lainnya yang akan dibahas dilain kesempatan.